Kabar Dari Pesantren

AYO BAKTI SOSIAL DI PESANTREN KAMI….MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1437 H

10 Nov 2015 - 18:46 WIB

Semoga cara Kami ini dalam menyalurkan Zakat -Infaq dan Shadaqoh(ZIS) bisa menjadi contoh baik buat orang lain, organisasi/badan amal serta Pemerintah, bahwa dalam penyaluran ZIS dimana kita harus mencari, mendatangi dan menyalurkan sendiri kepada mereka yang tidak mampu/fakir miskin sebagai bentuk meMULIAkan yang berhak….karena ZIS adalah hak mereka yang “dititipkan” oleh ALLAH SWT lewat kita yang mampu….dan diantarkan kepada mereka tanpa harus antri berdesakan…hal ini dilakukan oleh NABI MUHAMMAD SAW dan para sahabat dalam menyalurkan zakat………
https://youtu.be/Q

Deskripsi Program

 Program kegiatan bakti sosial Peringatan Penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H ini sudah menjadi kegiatan rutin Masjid & Pesantren Miftahul Huda selama 9 tahun sebagai bentuk kepedulian Masjid ,Pesantren dan Yayasan kepada masyarakat sekitar. Program dilaksanakan dengan cara mengundang masyarakat sekitar makan bersama kemudian membagikan sembako dengan cara mengantarkan langsung kerumah-rumah masyarakat sebagai bentuk memuliakan kaum yang berhak dan sudah dilakukan sejak berdirinya Masjid & Pesantren ini.

 Lokasi Pelaksanaan Program

Hari/Tanggal : Kamis, 24 Desember 2015.

Waktu : 15.00 s/d selesai.

Tempat : Masjid Miftahul Huda

Jl. Bojong nangka Kp. Lebak nangka Rt.02/04

Desa. Wanaraja Kec. Wanaraja Kab. Garut Jawa Barat.

Maksud dan Tujuan

  • Meningkatkan rasa cinta kepada perjuangan Nabi Muhammad SAW dengan cara mengaplikasikan sunnah Rasul yang dicontohkan oleh beliau sebagai uswatun hasannah.
  • Selalu mengingat Allah SWT dan kehidupan akhirat dalam situasi dan kondisi apapun, juga mengingatkan kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan agama islam.
  • Mendayagunakan secara maksimal pelaksanaan, fungsi dan makna zakat kepada 8 (delapan) Asnaf, serta Infaq, Shadaqah dan Wakaf sesuai syaria’at islam. Untuk program selanjutnya akan mengadakan program tunjangan beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu dalam bidang pendidikan dan program sosial lainya.
  • Mempererat tali silaturahmi dan keharmonisan antara jama’ah dan masyarakat disekitar lingkungan Pesantren.

 Hasil Yang Diharapkan

 

  • Terlaksananya rencana program kegiatan bakti sosial ini dengan lancar.
  • Mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Menumbuhkan kesadaran muzakki untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk masyarakat miskin, yatim piatu dan jompo.
  • Merubah masyarakat penerima manfaat dari Mustahiq menjadi Muzakki.

 

Susunan Pengelola Program

 Pembina : Ajengan Muhammad Siddiq Al-Arief Tauzirie

Panitia Pelaksana :

  • Ketua : Agus Bahaji
  • Sekretaris : Muhammad Givarie
  • Bendahara : Lia Nurul Isya
  • Seksi sarana dan prasarana : M. sajidin
  • Seksi perlengkapan dan logistik : Uus Supriyadi & Nia K.
  • Seksi Dokumentasi : Fadillah Akbar & Mulky Sabilla
  • Seksi Humas : Dadang Nurhidayat

 

Pengalaman Melaksanakan Program

 Program kegiatan bakti sosial peringatan penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H ini sudah menjadi kegiatan rutin Masjid & Pesantren Miftahul Huda selama 9 (Sembilan) tahun sebagai bentuk kepedulian Pesantren dan Yayasan terhadap masyarakat sekitar. Dan ini dilakukan sejak berdirinya Masjid & Pesantren Miftahul Huda ini. Program rutin Hari Besar Islam lainya yang sudah dan akan dilaksanakan ditahun 2016 Isra Mi’raj 1437 H, Idul fitri 1437 H, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Idul Adha 1437 H, 1 Muharram 1438 H.

 Evaluasi

 Evaluasi program dilakukan dengan membandingkan antara perencanaan program (tujuan/sasaran program serta target program) dan pelaksanaan program dilapangan.

 Laporan

 Bentuk Laporan yang diberikan :

  • Laporan Kegiatan
  • Laporan Dokumentasi
  • Laporan Pendapatan dari Donatur

 

Rencana Anggaran Biaya

 Total anggaran biaya yang dibutuhkan untuk Program Bakti Sosial MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1437 H Masjid & Pesantren Miftahul Huda adalah = Rp. 82.500.000,- (Delapan puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) rincian terlampir.

 **DONASI MELALUI :

 

  • BANK BJB KPC. WANARAJA A/N YAYASAN AT-TAUZIRIYAH WANARAJA

NO REK : 00569-2690-9100

 

  • BANK BJB KPC. WANARAJA A/N PESANTREN MIFTAHUL HUDA

NO REK : 0060-70950-5100

 

  • BANK BCA CABANG WANARAJA A/N AJENGAN. MUH. SIDDIQ AL-ARIEF TAUZIRIE

NO REK : 1480-322-688

 Sumber Dana

 Sumber dana yang akan diprioritaskan Masjid & Pesantren Miftahul Huda dalam melakukan penggalangan dana tersebut berasal dari sumber internal dan eksternal :

  1. Sumber Internal : yaitu dengan menghimbau kepada seluruh jama’ah untuk ikut berpartisipasi baik berupa Materil (uang, benda yang dibutuhkan untuk kelancaran program kegiatan) Moril (tenaga, pemikiran dan bantuan lainya).
  2. Sumber Eksternal : yaitu kaum muslimin, para pengusaha, birokrasi dan intansi serta organisasi lainya yang dapat memberikan sebagian hartanya.

 Himbauan

 Kepada seluruh masyarakat simpatisan, kami sebagai pengurus Masjid & Pesantren Miftahul Huda mengetuk hati sdr/i intansi pemerintah, kader dan organisasi lainya untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan rencana program Pesantren dan Yayasan tersebut.

 

Sebuah kesempatan dan ladang amal yang sangat berharga untuk bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat kurang mampu dengan membantu mereka dalam upaya peningkatan derajat kehidupan dengan memberikan kehidupan yang lebih layak.

link proposal PROPOSAL MAULID NABI MUHAMMAD 1437H


TAGS   MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1437 H / BAKTI SOSIAL / Zakat -Infaq dan Shadaqoh(ZIS) / academia.edu /


Author

Pesantren miftahul huda yang berada dibawah naungan Yayasan At-Tauziriyah Wanaraja yang terletak di wanaraja – garut Jawa Barat merupakan pesantren yang mengembangkan Tafakur Meditasi Islam yang mana santrinya sudah menyebar keseluruh indonesia dan juga luar negeri. Pesantren lebih banyak memberikan ilmu kehidupan kepada santrinya bagaimana cara menjalani kehidupan sesuai ajaran islam dengan benar, pesantren juga rutin 5 kali dalam setahun terutama Hari Besar Islam (HBI) yaitu memberikan santunan berupa sembako kepada yatim piatu dan fakir miskin serta masyarakat sekitar dengan cara mengantarkan langsung kerumah-rumah yang berhak menerima manfaat sebagai bentuk memuliakannya serta memberdayakan masyarakat lewat kerjasama dan bantuan langsung kemasyarakat sekitar pesantren. Begitu pula sebagai Yayasan yang menaungi pesantren saat ini ada 3 program utama yaitu : mengembangkan program Tafakur Meditasi Islam dengan cara mengajak dan menyampaikan kesemua kalangan, program pemberdayaan (empowering), serta program sosial (charity) yang islami. Visi : - Menjadi Yayasan dan Pesantren terbaik dan terpercaya dalam membangun ummat manusia sebagai hamba Allah SWT yang kuat dalam menjalani kehidupan. Misi : - Menjadikan santri taat kepada Allah SWT, kuat dalam menjalani kehidupan dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. - Memberdayakan masyarakat sekitar dan membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar pesantren yaitu berdasarkan potensi masyarakat dan daerah itu sendiri. - Mengembangkan kemitraan dengan masyarakat, perusahaan, pemerintahan dan lembaga swadaya masyarakat dalam dan luar negeri. - Memberikan pelayanan kesehatan, edukasi dan pemberantasan kemiskinan serta beasiswa kepada yatim piatu, santunan kepada jompo dll. Kepada masyarakat penerima manfaat (beneficiaries).

Recent Post

Recent Comments

Archive